Web Designer Dan Web Developer, Apa bedanya?


Apa itu web designer dan web developer? Apa saja pekerjaannya web designer dan web developer? mungkin sebagian dari kalian sudah tahu apa itu web developer dan web designer ini karena kata-kata ini sudah tidak lazim lagi di dunia perusahaan dan banyak membuka jasa, tetapi sebagian orang belum mengetahui perbedaan antara web designer dan web developer ini, karena mereka menganggap pekerjaan ini adalah sama, jadi pada posting kali ini saya akan membahas perbedaaan antara keduanya.


Web Designer

Web designer ini adalah orang yang memiliki keterampilan khusus dalam mengolah interface suatu website, mereka membuat suatu website menjadi indah saat mata memandang, seorang web designer biasanya menambah gambar, musik, video, animasi seperti flash dan css atau multimedia lainnya yang bertujuan untuk membuat suatu web menjadi enak dilihat pengunjung.

Pemahaman yang harus dikuasai oleh web designer adalah Client-side scripting seperti html,css,javascript dan gambar manipulasi seperti gambar svg.

Seorang web designer tidak sembarangan dalam mendesign mereka juga mengutamakan Seo friendly serta UI (UserInterface) dan UX (UserExperience) yang harus sesuai dengan W3C, serta halaman web yang dibuat harus responsive supaya pengguna handphone, tablet dan komputer PC bisa lebih mudah dalam menelusuri web tersebut.


Web Developer

Web developer adalah orang yang membuat suatu program untuk suatu website, mereka lebih cenderung ke arah pemprograman website seperti PHP,.NET, Java atau Python.

Mereka lebih menggunakan alogaritma ketimbang seni grafis, peran web developer biasanya sebagai penghubung seperti database ke program php membuat halaman dinamis atau membuat halaman yang berinteraksi dengan elemennya.

Seorang web designer handal biasanya bisa menguasai peran web developer ini, mereka bisa Client side scripting maupun Server side scripting.

Web developer biasanya tidak menghiraukan tampilan yang penting mereka bisa html css itu sudah cukup.

Bagi seorang web designer kemampuan seni grafis dan kreativitas sangat diperlukan untuk membuat tampilan web menjadi menarik sedangkan web developer sendiri memerlukan logis yang hebat untuk membuat alur program website tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »