Halaman Web Static Dan Dinamis, Apa bedanya?


Apa itu halaman web statis? Apa itu halaman web dinamis? Apa bedanya? semua pertanyaan itu akan kita bahas di tutorial kali ini yang berjudul Halaman Web Static Dan Dinamis, Apa bedanya?.

Sebelumnya apakah anda sudah pernah mendenggar tentang apa itu web statis dan web dinamis? saya rasa kalian sudah pernah mendengarnya. Di dalam teknologi Website terbagi menjadi dua, yaitu web statis dan web dinamis, untuk penjelasan lebih detail kita bahas dibawah ini.

Web Statis

Web statis yang didalam bahasa inggris yaitu STATIC yang berarti tetap, jadi bisa kita artikan kalau halaman web statis itu adalah halaman tetap yang dimana tidak perlu pemprograman dan database apapun melainkan hanya mengolah HTML, data dan informasi tidak bisa diubah kecuali di ubah syntax halaman webnya.

Sebagai contoh yaitu web fotografi yang hanya memiliki satu halaman, biasanya hanya menggunakan html dan css biasanya untuk web statis yang bagus biasanya menggunakan javascript.

Web Dinamis

Web dinamis adalah kebalikan dari web static dimana halama web static bisa diubah menggunakan program seperti PHP, ASP ,.NET dan masih banyak lagi, web dinamis juga memiliki database yang dimana semua data dan informasi bisa diubah dan diperbaruhi dengan inputan, web dinamis ini sangat komplek karena bisa di ditambah oleh client sendiri sesuai dengan inputannya lalu dikirim dengan request.

Sebagai contoh adalah jejaring sosial, website berita dan masih banyak lagi, coba anda perhatikan pasti ada perbedaan besan antara keduannya.
salah satu contoh nya bisa dilihat dengan url sebagai berikut:
http://tukomnet.blogspot.co.id/search?q=dinamis
Dalam url diatas bisa di lihat bahwa halaman web tersebut adalah dinamis.

Perbedaannya

  1. Interaksi antara pengguna dan pemilik web
    dalam web statis tidak memungkinkan adanya interaksi antar pengguna dan pemilik website. Tetapi di web dinamis bisa melakukan interaksi seperti komentar chat dan lain-lain.
  2. Syntax atau script yang digunakan
    Biasanya web statis hanya menggunakan Html saja sebagai susunan halaman webnya. Tetapi kalau di web dinamis bisa menggunakan berbagai program seperti PHP,JAVA,.NET dan lain-lain
  3. Adanya database atau tidak
    Biasanya web stais tidak memiliki database karena tidak adanya inputan serta request ke server halaman. Untuk web dinamis biasanya menggunakan database untuk menyimpan data dan informasi supaya bisa diubah atau dihapis suatu hari nanti
  4. Konten
    Konten dalam web statis hanya dibuat oleh pemilik web dan jarang di-update, sementara konten dalam web dinamis bisa berasal dari pengunjung dan lebih sering di-update. Konten dalam web dinamis bisa diambil dari database sehingga isinya pun bisa berbeda-beda walaupun kita membuka web yang sama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »